Jumat, 01 Juli 2011

kunjungan ke PPLH Seloliman

 jBaru-baru ini kampus saya ngadain kunjungan ke Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) yang terletak di Dusun Seloliman, Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. PPLH tersebut merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat  (LSM) yang bergerak dalam bidang pendidikan lingkungan hidup. Tempat ini menyajikan suasana alam pedesaan yang segar dan pemandangan yang asri, jadi selain jalan-jalan, bisa sekalian foto-foto juga.


Beberapa fasilitas alam yang disediakan disana antara lain yaitu kebun buah, sayur serta obat-obatan dan hutan buatan. Salah satu yang menarik adalah tanaman di bawah ini :


Selain itu, PPLH ini juga menyediakan track ekowisata bagi pengunjung. Lintasannya antara lain melewati daerah hutan, sungai, persawahan dan perumahan warga asli dusun Seloliman.


Untuk fasilitas di dalam area PPLH sendiri disediakan perpustakaan, ruang seminar, restoran dengan menu masakan yang tidak menggunakan bahan kimia tambahan (pemanis, perasa, pengawet dan pewarna buatan), dan juga penginapan dengan kapasitas perorangan atau asrama untuk kelompok besar. 
Ini foto di depan guest house yang bergaya Bali di dekat pintu masuk PPLH. Aslinya bagus banget loh.


A glass of pure water on PPLH's restaurant. "Berani bayar deh kalau airnya sampai keruh", kata mbaknya.










Dan ternyata, PPLH ini juga mempunyai Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) untuk mensupply ketersediaan listrik kawasan di kawasan PPLH dan beberapa rumah di dusun Seloliman.





lebih lengkap tentang PPLH kunjungi websitenya


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar