Rabu, 25 Januari 2012

jajanan pinggir jalan

I love 'ngemil' so much !
and everybody know it, haha

Nah, di bawah ini beberapa jajanan pinggir jalan yang (mungkin) sampe sekarang masih sering saya cemil-in. Biasa lah, anak kuliah, pasti cari yang murah-enak-meriah.
Beberapa dari kalian juga pasti suka, ya :)

1. Cilok ( aci dicolok). 
Kalau yang ini sih di sepanjang jalan pasti banyak yang jualan ya. Kalau nggak pake saus pasti nggak ada rasanya. Paling enak tuh saus kacang yang pedas! Apalagi kalo cilok nya masih anget :)
Cilok sekarang makin bervariasi, nggak kayak zaman gw SD dulu yang isinya kanji doank. Sekarang ada cilok isi telor, cilok bakar, cilok goreng, cilok goreng telor, cilok goreng telor bebek, hehe, JKD.

cilok.jpg


2. Pempek murah meriah
Bukan pempek kaki lima loh ya, tapi pempek yang di pinggir jalan, yang pake gerobak, yang seribuan perak itu loh! Pempek pinggir jalan ini rasa ikan dan telor nya nggak ada sama sekali, harganya yang jelas beda jauh banget sama aslinya yang bikin gw nagih, haha. 
Oiya, jangan dibiarin kelamaan, atau bakalan jadi pempek batu!

Pempek campur (Rp.1.600/buah)


3. Batagor
Sekali lagi, ini juga bukan batagor kaki lima, tapi batagor yang di pinggir jalan, yang pake gerobak, dan harganya juga seribuan, haha.
11-12 lah ya, sama aslinya. Sama-sama tahu, pake tepung kanji, digoreng, dikasih saus kacang, tapi dengan harga yang lebih murah. Bedanya lagi, tahu yang dipake tuh keciiiil banget, sampe nggak berasa tahu, rasanya kanji doank.


4. Dawet ayu
Yang bikin khas adalah besek besar buat tempat cendol sama santannya, dan centong/gayung/irus nya yang unik. Di daerah Tugu Pahlawan malah bentuk centong nya menyerupai siluet muka orang!
Rasanya gurih dan manis, dari tepug beras, gula aren, santan kelapa dan potongan nangka.
Waktu di Sentani, harga per gelas nya 4 ribu, seneng banget di Surabaya cuma 2 ribu :D

dawet ayu


5. Rujak buah
Rujak yang dijual pake gerobak keliling , kalo lagi untung, bisa dapet saus kacang yang manis pedesnya mantep banget!
Harganya 3 ribuan dengan buah-buahan yang komplit. Mulai dari kedondong, mangga muda, pepaya mengkal, nanas, bengkoang, sampe apel. Yummy banget dah.


Tapi ada juga yang di pinggiran jalan, gw nggak tahu namanya apa, yang dijual cuma kedondong dan mangga muda, di iris kecil-kecil, di plastikin, makan nya pake sambel garam, alias campuran garam dan cabe yang dihalusin. 
Hati-hati, karena nggak jarang yang pake pewarna tekstil biar kelihatan lebih seger.

Mungkin dari beberapa jajanan di atas, banyak yang nggak sesuai standar gizi dan agak nggak bersih ya, tapi mau gimana lagi kalo udah doyan, haha.


2 komentar:

  1. Jujur saya juga menyukai semua jajanan yang sampeyan sebutkan di atas, jadi inget masa kecil. Thanks untuk inspirasinya, kunjungi juga blog saya ya, thanks.

    Best Regards,
    Happy Ferdian
    -The Wackiest Boy on Earth-

    BalasHapus